Senin, 20 Oktober 2014

LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA " Elektroskop Sederhana "


LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA
“ Elektroskop Sederhana “



Disusun oleh :
Widya Kartika Sari   (40)
XII IPA 5


 SMA NEGERI 2 SUMENEP
Tahun Pelajaran 2014-2015

Laporan Praktikum Fisika
( Elektroskop Sederhana )
              I.     Judul
Elektroskop Sederhana
           II.     Tujuan Praktikum   
Untuk mengetahui sifat-sifat muatan pada suatu benda.
        III.     Dasar Teori
                          Suatu atom terdiri dari beberapa jenis muatan, yaitu muatan positif (proton), muatan negatif (elektron), dan netral (netron). Masing-masing muatan ini tersebar di dalam suatu atom dengan susunan proton dan netron berada di inti, sementara elektron mengelilinginya. Ketiga muatan ini mempunyai massa masing-masing, elektron merupakan muatan yang memiliki massa paling kecil. Karena massanya yang terkecil ini, electron dapat dengan mudah berpindah ke atom lain, sedangkan proton susah berpindah karena massanya yang cukup besar.
Suatu molekul yang memiliki muatan akan tarik menarik jika jenis muatannya berbeda dan akan tolak menolak jika jenis muatannya sama. Sedangkan suatu molekul yang bermuatan netral akan terinduksi muatan jika didekatkan dengan molekul yang memiliki muatan dan akan tarik menarik dengan molekul itu.
Banyak benda yang menjadi bermuatan listrik karena digosok dengan benda lain. Benda-benda tersebut dapat menarik benda-benda lain disekitarnya. Contoh benda-benda yang bermuatan listrik karena digosok dengan benda lain adalah :

Beberapa benda yang bermuatan listrik
karena digosokkan dengan benda lain
Benda
Keterangan
Muatan listrik yang dihasilkan
Plastik
Digosok dengan kain wol
Negatif
Ebonit
Digosok dengan kain wol
Negatif
Kaca
Digosok dengan kain sutera
Positif
Sisir
Digosok dengan rambut
Negatif

A.    Elektroskop
Elektroskop adalah semua alat yang dapat digunakan untuk mengetahui apakahsuatu benda bermuatan listrik atau tidak dan jenis muatan suatu benda. Bangun elektroskop terdiri atas dua buah daun logam tipis yang dipasang tipis pada ujung batang logam. Ujung lain batang itu biasanya dipasang bola logam (knob). Untuk menghindarkan dari berpindahnya muatan ke udara bebas, batang tersebut dimasukkan ke dalam kaca. Besarnya elektron dan proton sama yaitu :
e =1,6 x 10-9 

Contoh gambar elektroskop:



B.     Prinsip Kerja Elektroskop
Apabila sebatang pelat politen yang bermuatan negatif didekatkan pada kepala elektroskop yang netral, maka elektron di dalam kepala elektroskop berpindah menuju pelat dan daun elektroskop. Akibatnya, kepala elektroskop kekurangan elektron (bermuatan positif) dan daun elektroskop kelebihan elektron (bermuatan negatif). Pelat dan daun sama-sama bermuatan listrik negatif. Sehingga terjadi gaya tolak-menolak. Dan daun elektroskop membuka (mekar).
Apabila kepala elektroskop netral di dekatkan sebatang kaca yang bermuatan listrik positif, maka elektron – elektron yang berada pada daun dan pelat elektroskop ditarik menuju kepala elektroskop (Ingat positif-negatif saling tarik menarik). Akibatnya, kepala elektroskop bermuatan listrik negatif, pelat dan daun elektroskop membuka (mekar) karena terjadi gaya tolak menolak.
Elektroskop yang telah bermuatan listrik ini dapat digunakan unutk mengetahui jenis muatan. Apabila benda yang didekatkan kepala elektroskop menyebabkan daun elektroskop lebih mekar, maka muatan listrik pada kepala elektroskop adalah sejenis dengan benda yang didekatkan. Apabila benda yang di dekatkan menyebabkan daun elektroskop lebih kuncup, maka muatan listrik pada kepala elektroskop adalah tidak sejenis dengan benda yang di dekatkan.

C.    Memberi Muatan Listrik dengan Induksi
Induksi elektrostatik adalah pemisahan muatan-muatan pada sebuah benda oleh adanya benda lain yang bermuatan. Pada saat benda bermuatan listrik didekatkan pada sebuah benda netral, terjadi pemisahan muatan pada benda netral itu. Ujung benda netral yang berdekatan dengan penginduksi bermuatan sama dengan benda yang penginduksi. Bila benda tersebut dihubungkan ke bumi (misalnya dengan sentuhan). Terjadinya pemindahan elektron dari atau ke bumi melalui tubuh. Setelah benda bermuatan dijauhkan, benda menjadi kekurangan atau kelebihan elektron sehingga benda netral menjadi bermuatan listrik.
           
IV.  Alat dan Bahan
Alat :
·         Gunting
·         Korek
·         Tang
Bahan :
·         1 Gelas air mineral
·         Kertas aluminium foil (bungkus dalam rokok)
·         Penggaris mika
·         Klip kertas kawat
V.   Langkah Kerja
                           1.          Mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum.
                           2.          Meluruskan klip kertas kawat dengan menggunakan tang.
                           3.          Membakar kertas aluminium foil dengan menggunakan korek sampai dapat dipisahkan antara kertas dan aluminiumnya, karena yang kita butuhkan hanya aluminium foilnya saja.
                           4.          Melubangi bagian bawah (dasar) gelas air mineral bekas dengan menggunakan kawat yang telah dibakar pada bagian ujungnya.
                           5.          Menggunting aluminium foil menjadi 2 keping (bagian)  persegi panjang dengan ukuran yang sama (± 2cm x 2 cm).
                           6.          Membengkokkan kawat.
                           7.          Menggantungkan aluminium foil yang sudah di gunting pada kawat yang telah dibengkokkan.
                           8.          Memasukkan kawat ke dalam gelas plastik yang telah dilubangi sebelumnya, kemudian telungkupkan gelas.
                           9.          Menggosokkan penggaris mika pada kain atau rambut.
                       10.          Setelah penggosokan selesai, mendekatkan penggaris mika ke ujung atas elektroskop.
                       11.          Mengamati perubahan kedua kaping aluminium foil (saling menjauh atau saling mendekat).
                       12.          Mendokumentasikan perubahan arah kedua keping aluminium foil.
VI.            Hasil Pengamatan dan Pembahasan
Berdasarkan praktikum yang telah kami lakukan, dapat dijelaskan bahwa ketika mengusapkan atau menggosokkan penggaris mika pada rambut atau kain, lalu penggaris tersebut didekatkan pada ujung atas kawat yang ada pada elektroskop, maka kertas aluminium foil yang ada di dalam botol akan saling tolak-menolak dan jika penggaris tersebut dijauhkan dari ujung atas kawat yang ada pada elektroskop, maka kertas aluminium foil yang ada di dalam botol akan mendekat lagi seperti semula.
Ketika kita menggosokkan penggaris mika pada kain atau pada rambut yang semula bermuatan netral  maka akan bermuatan negatif. Muatan negatif yang  ada pada penggaris ini disebakan karena elektron yang ada pada rambut atau kain berpindah kedalam penggaris tersebut karena massanya yang kecil sehingga mudah untuk berpindah. Ketika ujung aluminium foil  didekatkan dengan benda bermuatan negatif, maka terjadiinduksi yang menarik muatan positif untuk berkumpul di ujung aluminium foil, sedangkan di percabangan aluminium foil bermuatan negatif. karena pada dua sisi percabangan bermuatan negatif, maka percabangan tersebut menjadi tolak menolak, akhirnya melebar. Beberapa saat kemudian dua sisi percabangan yang tadinya melebar akan menguncup kembali. Menguncupnya dua sisi aluminium foil ini terjadi karena banyak elektron yang tertarik dengan atom di udara, atau apapun yang mendukung benda-benda itu terlistrikkan.

Menjawab Pertanyaan
·         Apa yang terjadi pada elektroskop saat pipa gelas didekatkan ?
·         Bagaimana cara menetralkan elektroskop ?
Jawab
·         Yang terjadi adalah kertas aluminium yang berada di dalam elektroskop akan saling menjauh (tolak-menolak) karena ada muatan yang sama.
·         Dengan cara menjauhkan penggaris yang telah bermuatan tersebut dari ujung atas kawat yang ada pada elektroskop.

VII.     Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Suatu molekul akan tolak-menolak jika muatannya sama, dan suatu molekul akan tarik menarik jika muatannya berbeda.
Saran
Percobaan sebaiknya dilakukan lebih teliti dan cermat dalam membuat alat sejenis elektroskop dari gelas plastik. Hal ini bertujuan agar proses praktikum dapat berjalan maksimal dan arah pergerakan aluminium foil di dalam alat tersebut dapat saling tolak menolak. 



BUKTI FISIK
 
( alat dan bahan elektroskop sederhana)
 

( sebelum diberi muatan dari penggaris )
 
( saat diberi muatan dari penggaris )

2 komentar:

  1. Numpang promosi!!!!
    Ayo gabung,, untuk pengguna android!!!!
    Ada aplikasi Android baru ini agan-agan!!! Dan juga sangat bermanfaat sebagai penghasilan sampingan dengan kode update yang baru.

    Ada bukti PO-nya juga lho!!! Search di google.com
    Adek
    Langsung aja :
    1. Download aplikasi "WHAFF REWARD" langsung dari hp android kamu di playstore dan kemudian instal terus di jalankan.
    2. Tunggu hingga muncul gambar.
    Nb: jika ada tulisan koneksi error muat ulang kembali.
    3. Setelah itu pilih tulisan masuk, ada di bagian atas kanan dari app tersebut.
    4. Masuk atau login menggunakan "facebook" langsung di oke.
    5. Pastikan ada tulisan "enter invite code" masukkan kode terbaru dan ter update "BA82665" (tanpa tanda petik) selanjutnya tekan oke.
    Nb: jika tidak masukkan kode di atas tidak akan langsung mendapatkan $0,30
    6. Akun langsung mendapat $0,30, bisa di cek di pojok kanan atas.

    Ayo buruan gabung.!!!
    Terbukti membayar
    Jangan lupa kodenya yang paling baru "BA82665" tanpa tanda petik.

    BalasHapus
  2. Numpang promosi!!!!
    Ayo gabung,, untuk pengguna android!!!!
    Ada aplikasi Android baru ini agan-agan!!! Dan juga sangat bermanfaat sebagai penghasilan sampingan dengan kode update yang baru.

    Ada bukti PO-nya juga lho!!! Search di google.com
    Adek
    Langsung aja :
    1. Download aplikasi "WHAFF REWARD" langsung dari hp android kamu di playstore dan kemudian instal terus di jalankan.
    2. Tunggu hingga muncul gambar.
    Nb: jika ada tulisan koneksi error muat ulang kembali.
    3. Setelah itu pilih tulisan masuk, ada di bagian atas kanan dari app tersebut.
    4. Masuk atau login menggunakan "facebook" langsung di oke.
    5. Pastikan ada tulisan "enter invite code" masukkan kode terbaru dan ter update "BA82665" (tanpa tanda petik) selanjutnya tekan oke.
    Nb: jika tidak masukkan kode di atas tidak akan langsung mendapatkan $0,30
    6. Akun langsung mendapat $0,30, bisa di cek di pojok kanan atas.

    Ayo buruan gabung.!!!
    Terbukti membayar
    Jangan lupa kodenya yang paling baru "BA82665" tanpa tanda petik.

    BalasHapus